Membuat Kabel Cross Untuk Sharing

Kabel ini berguna saat kita akan berbagi (sharing) data dengan computer lain. Tapi, sebelum proses pembuatan kita lakukan,ada beberapa hal yang harus kita siapkan. Pertama menyiapkan alat dan bahan yang akan kita gunakan. Seperti contoh gambar dibawah ini. Gambar di bawah ini adalah Crimping, yang digunakan untuk menjepit kabel pada RJ45 (jepit untuk mengkoknekan tembaga yang didalam kabel dengan PC)agar sesuai dengn posisi yang kita inginkan, Tang untuk memotong kabel, Cuter untuk mengupas kulit kabel, dan cable tester yang digunakan untuk mengetes konektivitas kabel.

Langkah pertama yang kita lakukan adalah memotong kabel luar. Kabel jaringan yang kita gunakan ini bertipe UTP kategori 5. Yang terdiri dari dua lapis kabel, dan kabel dalam terdiri dari delapan kabel berwarna.Selanjutnya, potong rapi dan sejajar kabel warna. kemudian disusun dan kita atur kedudukan/posisinya. Posisi yang harus kita atur sebagai berikut. urutan A: Putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru , orange, putih coklat, coklat dan urutan  B: putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

setelah itu kabel dipotong serapi dan serata mungkin seperti gambar diatas. dan kita masukkan kedalam RJ 45, dalam melakukan ini diharapkan kita harus hati-hati dikarenakan apabila salah dalam memposisikan posisi kabel, maka pembuatan kabel cross kita gagal. Setelah kabel warana tadi masuk kedalam RJ45 kemudian kita Crimping dengan alat Crimping diatas tadi untuk menguatkan dan agar tembaga pada RJ45 konek dengan kabel.


setelah kabel jadi, kemudian kita cek/test dengan menggunakan Cable Tester untuk mengetahui apakah kabel kita benar dan konek seperti yang kita inginkan. Seperti gambar dibawah ini.


ketentuan berhasil atau tidaknya pembuatan kabel cross ini dapat kita lihat saat pengetesan. Apabila berhasil, lampu kabel A akan menyala secara bergantian dan berurutan dari 1 sampai 8. Dan lampu kabel B akan menyala 3,6,1,4,5,2,7,8 secara bergantian. Apabila lampu menyala sesuai rencana, berarti pembuatan kabel cross berhasil dan siap digunakan untuk sharing data.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *