Otak Kanan dan Otak Kiri

otakDasar otak Udang !! Begitu biasanya kita kalo mengolok seseorang yang kurang cerdas… tapi udang ko dibawa-bawa yee ? Maklum udang kan otak ama pembuangannya di kepala   Apa kalian tau bahwa, saat kita berfikir sebenarnya kita telah menentukan penggunaan otak kita? Maksudnya pada saat kita berfikir kita sebenarnya cenderung pake otak yang mana? Otak yang kiri atau yang kanan?  Lhoo, apa bedanya ya… yang  jelas tentu sangat berbeda kawan.

Begini kawan, menurut buku yang saya baca “Otak kanan lebih cenderung digunakan untuk berfikir kreatif, misalnya menghayal, berilusi, mengarang lagu, musik, atau lebih identik dengan daya seni.” Dan “Otak kiri lebih cenderung digunakan untuk berfikir logis atau analitis, misal hitungan, penilaian, bahasa verbal, linear, menganalisa, menghafal, atau lebih identik dengan penalaran.”

Kawan-kawan sekalian ..dalam kehidupan kita sehari-hari sebenarnya otak kita saling berfikir silih berganti tergantung dengan masalah yang dihadapinya.  Bila kita bisa memposisikan cara berfikir kita dengan menggunakan otak kiri atau kanan, maka kita bisa menjadi seorang yang jenius.


Tapi sayangnya memposisikan cara berfikir otak itu sangat susah dan tidak gampang.

Menurut Guru saya ‘Bang Salman’ di SCC (Spiritual Community Center) mengatakan bahwa “Otak kita itu seperti BESI, yang apabila seorang pandai besinya rajin mengolah besi dan gemar mengasah dan mengasah, proses akhir dari besi itu pun akan menjadi ‘Luar Biasa’ bisa menghasilkan samurai yang tajam”.

Cara mengasah otak kanan yaitu dengan banyak berkreasi misalnya bermain gitar, mengarang lagu, melukis, bernyanyi, dan menghayal.  Cara mengasah otak kiri yaitu dengan banyak membaca informasi, berhitung/menjumlah, berpendapat, atau berfikir sistematis.

Cara Mengetahui Kecenderungan Penggunaan Otak

Nah, sekarang bagaimana caranya agar kita tahu sebenarnya kita ini cenderung menggunakan otak yang mana ya? Hal ini penting agar kita tahu potensi apa yang ada didalam diri kita sehingga bisa kita kembangkan.  Untuk mengetahuinya bisa dengan cara berikut (ikuti ya??) :

  • Rentangkan kedua tangan anda
  • Lalu rapatkan kedua tangan anda seperti gambar dibawah

Foto-0047 

Gambar by:Rudiansah

Perhatikan jempol mana yang berada diatas

Bila jempol tangan kiri yang diatas, maka berarti anda cenderung berfikir dengan otak kanan.  Bila jempol tangan kanan yang diatas, maka berarti anda cenderung berfikir dengan otak kiri.

Misalnya ternyata jempol tangan kiri anda yang berada diatasnya..bagaimana kalo anda coba lakukan sebaliknya (jempol kanan yang diatas), pasti akan janggal sekali rasanya…  Lalu mengapa kebanyakan orang selalu menggunakan tangan kanan ? itu sebenarnya karena faktor kebiasaan dan juga bukti bahwa kita ini mahluk yang berfikir rasional/logis. Kalo pake tangan kiri kan sebutannya “kidal” kalo kanan apa sebutannya “kadal” kalii yee ?

Berikut ini adalah latihan untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri..Klik disini !

Selamat mencoba . . .

Rudiansah

Teknik Komputer Jaringan

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *