Apakah Hanya sebatas kata Maaf ?

Dengan mengucapkan maaf, apakah itu sudah cukup untuk menghapus segala kesalahan anda ? Saya rasa itu masalah belum cukup untuk menghapus kesalahan anda. Karena mungkin saja kata Maaf yang anda ucapkan masihlah belum cukup untuk dimaafikan. Lho, terus gimana donk ?

Gini lho sob, sebuah kata maaf bukanlah sesuatu yang hanya diucapkan dengan lisan saja. Tetapi hati juga harus dalam keadaan penuh penyesalan akan kesalahannya dan takkan pernah mengulanginya kembali.

Tapi tak sepantasnya juga seorang umat muslim membanci seseorang berlebihan dan berangsur terlalu lama. Sebuah kebencian akan terus tumbuh bila didiami terus, kebencian itu akan tumbuh seperti jamur, berkembang dengan pesat. Didalam ajaran Islam pun mengajarkan bahwa seorang muslim hanya diperbolehkan marah tidak melebihi 3 hari.

Apabila seseorang yang telah mengucapkan kata maaf, hendaklah dirinya dalam keadaan penyesalan yang amat dalam hingga dirinya takkan mengulangi kesalahannya kembali. Dan juga bagi orang yang dimintai maaf pun diharuskan untuk memaafkan dengan ikhlas tanpa ada rasa kebencian lagi didalam hatiya. Memang akhir-akhir ini banyak yang salah mengartikan dan menerapkan kata maaf itu sendiri., ketika dirinya telah mengucapkan kata maaf, tapi tidak dihatinya. Jadi untuk itu, marilah saling mengulurkan tangan dan saling memaafkan satu sama lain tanpa ada lagi perasaan benci lagi didalam hatinya.

 

By : Akhmad Dicky Dharmawan ( Angkatan 9 Desain )

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *