Backup Dan Restore Data Blog WordPress Offline

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas cara instalasi wordpress yang digunakan sebagai blog  yang beroperasi secara offline, sekarang kita akan membahas tentang cara backup dan restore data wordpress ofline. Backup adalah suatu cara membuat file cadangan yang kita simpan di tempat lain seperti di disc ataupun flash disk fungsinya yaitu agar blog offline kita dapat beroperasi di komputer  lain tetapi dengan catatan komputer yang lain juga sudah terinstall XAMPP, atau ketika kita kehilangan data kita tinggal mengembalikannya yaitu dengan restore data yang telah kita back up tadi.

1. Back up data

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka explorer pada komputer anda kemudian masuk pada folder C buka folder XAMPP pilih htdoct kemudian copy satu folder wordpress yang sebelumnya sudah diganti namanya, sebagai contoh nama foldernya adalah ruslan, copy folder ruslan ke flash disk seperti pada gambar dibawah ini :

  • Maka proses copy sedang berjalan… seperti pada gambar dibawah ini :

Setelah selesai, data telah di back up atau tersimpan dalam flash disk

  • Selanjutnya buka browser masukan alamat http://localhost/xampp maka akan tampil gambar seperti di bawah ini :

  • Setelah tampil gambar seperti diatas Selanjutnya pilih phpmyadmin maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

Gambar diatas adalah tampilan phpmyadmin yang berfungsi sebagai Content Management System (CMS) database yang kita buat dulu dan berfungsi mengendalikan wordpress offline tadi, tanpa data ini wordpress kita tidak akan bisa beroperasi. Maka yang harus kita lakukan adalah back up database ini, yaitu dengan cara mengeksportnya kedalam flashdisk atau media lainnya seperti disc dan sebagainya. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pilih “dbruslan” (database yang saya buat dulu) setelah tampil seperti gambar dibawah ini:

  • Pilih eksport, kemudian pilih SQL seperti pada gambar dibawah ini :

  • Selanjutnya beri nama database yang akan diekspor, setelah itu pilih GO seperti pada gambar dibawah:

  • Setelah GO maka server akan menayakan dimana kita akan menyimpan data, maka simpanlah data pada flash disk seperti pada gambar dibawah :

  • Pilih save file pada gambar no.1 kemudian simpan kedalam flash disk seperti pada gambar no.2 maka data akan otomatis tersimpan dalam flash disk.

Sekarang anda sudah memiliki back up wordpress yang ada dalam flash disk anda, anda bisa membukanya di komputer lain atau Jika suatu saat anda kehilangan data anda tinggal mengembalikannya. jika data hilang maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :

Saat saya masukan alamat http://localhost/ruslan objek not found itu karena data base dan file ruslan, saya hapus. Maka cara mengembalikannya atau memindahkan ke Komputer lain  adalah sebagai berikut…

2. Restore Data

  • Buka kembali browser anda kemudian buka Content Management System (CMS) seperti cara eksport data tadi, perbedaannya adalah sekarang kita mengimport data, cara mengimportnya yaitu dengan cara membuat kembali database yang telah hilang dengan nama yang sama. Sebagai contoh nama database saya dulu adalah “dbruslan” maka saya harus buat nama yang sama,  seperti pada gambar dibawah ini :

  • Ketik dbruslan kemudian pilih create seperti gambar diatas maka database telah berhasil dibuat seperti pada gambar dibawah ini :

  • Selanjutnya pilih import seperti gambar diatas maka akan tampil seperti pada gambar dibawah :

  • Pilih browse.. kemudian pilih file dalam flash disk yang kita simpan dulu yaitu ruslan.sql selanjutnya pilih open maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :

Selanjutnya pilih GO maka database telah sukses di import seperti pada gambar diatas, Maka database anda sudah berhasil dikembalikan, kemudian langkah selanjutnya kita mengembalikan folder wordpress yang dulu sudah saya ubah menjadi nama saya, yaitu dengan cara :

  • Copy folder ruslan dari dalam flashdisk kemudian beralih ke explorer pada komputer anda selanjutnya masuk pada folder SYSTEM C: buka folder XAMPP pilih htdoct kemudian Paste di dalam folder htdoct seperti gambar berikut :

  • Setelah proses copy paste tadi selesai buka browsing dan masukan kembali alamat http://localhost/ruslan maka website anda sudah normal kembali seperti pada gambar dibawah :

Selamat Mencoba….!

TKJ 5 : Alan & Ruslan

 

Comments

comments

One thought on “Backup Dan Restore Data Blog WordPress Offline”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *