Ketakutan Yang Harus Ditakuti Adalah Ketakutan Itu Sendiri

Sumber foto : intisari-online.com

Hey kawan apa kabar kalian kabar semua ?? semoga selalu SEHAT dan tetap SEMANGAT ya,, kali ini saya akan sdkit berbagi ilmu tentang..” RASA TAKUT “.

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.

Sebab Munculnya Ketakutan

Perlu dicatat bahwa ketakutan selalu terkait dengan peristiwa pada masa datang, seperti memburuknya suatu kondisi, atau terus terjadinya suatu keadaan yang tidak dapat diterima. Dalam sebuah artikel numerologi, sifat takut adalah dasar. Orang yang bernomor dengan inisial B, K, T memiliki sifat dasar takut dan cenderung khawatir atau cemas terhadap segala hal . Di lain pihak orang dengan sifat dasar 2 ( takut , khawatir, cemas ) tidak menyukai perubahan dan rasa takutnya bisa merusak keadaan yang telah ada .

Ketakutan yang sering terjadi adalah ketika kita takut untuk mempunyai suatu impian, padalah hanya sekedar bermimpi. Kekhawatiran atau ketakutan yang utama adalah kita takut tidak bisa mencapai impian itu karena seribu satu lebih alasan yang sesungguhnya menyesatkan. Contohnya, ketika kita berusaha keras membatasi diri kita untuk sekedar bermimpi menunaikan ibadah haji, punya mobil mewah, rumah megah, dll. Karena melihat keadaaan kita saat ini, kita meng-underestimate diri kita sendiri bahwa selamanya kita tidak akan mempunyai itu semua. Padahal kalaupun kita tidak berhasil mencapai impian kita setidaknya kita sudah berani memimpikannya, melawan ketakutan dan berusaha mengejarnya meski pada akhirnya Allah memberikan sesuatu yang berbeda dari apa yang kita impikan.
Bagaimana Menghadapinya ?

Penyelesaian bagi masalah ketakutan tidak lain adalah menghadapinya. Ketakutan ini jika dihadapi akan membuatkan kita menjadi lebih bahagia. Jadikan perasaan bahagia melebihi perasaan takut itu. Kita mungkin akan gagal untuk beberapa kali untuk menghadapi rasa takut ini, teruslah mencoba “Janganlah Takut” (kerana bunyinya negatif) tetapi yang betul adalah “Hadapi Ketakutan”. Slogan kedua ini lebih tepat dan berkesan.  Jadi hal paling menakutkan yang sesungguhnya adalah ketakutan itu sendiri, ketakutan yang harus berhasil kita kalahkan. ketakutan yang akan membuat langkah kita berhenti mencoba. Ketika kita takut gagal, maka kita tidak akan memiliki apapun karena kita tidak pernah mencoba untuk memiliki apapun.

Tiada yang pantas ditakuti kecuali Allah SWT. Allah berfirman dalam Al-qur’an “Dan takutlah kepada-KU (Allah Azza wa Jalla), jika kalian memang beriman ..” (Ali Imraan ayat 175). 

Semoga dapat menjadi motivasi bagi diri saya sendiri dan juga kawan – kawan yang membacanya.

Terimakasih. 🙂

 

 

Agung nugroho “Aryanti”
Desain Grafis

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *