KETIKA TERJADI NTLDR IS MISSING PADA KOMPUTER

KETIKA TERJADI NTLDR IS MISSING PADA KOMPUTER

Apakah yang harus kita lakukan, agar kita bisa masuk ke windows pada komputer?

Ok! sekarang kita lihat langkah-langkah yang harus kita lakukan jika terjadi NTLDR is missing pada sebuah komputer, seperti langkah dibawah ini:

  • Kita siapkan sebuah CD windows xp yang didalamnya terdapat software yang kita butuhkan yaitu NTLDR dan NTDETECT.COM, kemudian kita masukkan ke optical drive.
  • Dan ketika di layar monitor kita muncul gambar seperti dibawah, maka kita restart komputer dengan tekan Ctrl + Alt + Del.

  • Kemudian jika muncul tampilan dalam layar tulisan “Press any key to boot from cd” seperti gambar di bawah ini,  Pilih tombol apa saja pada keyboard sebelum lewat dari 5 detik, karena jika lewat dari 5 detik maka komputer akan kembali missing lagi

  • Kemudian kita biarkan layar komputer hingga muncul tampilan awal seperti gambar di bawah ini, ini menandakan komputer akan memasuki proses installasi ulang windows xp.

  • Setelah  muncul windows xp profesional setup seperti gambar di bawah ini pada layar komputer. Kita pilih recovery console dengan menekan tombol R, kenapa kita pilih ini? karena kita akan mengulangi installasi windows pada komputer yang sudah pernah di install sebelumnya.

  • Kemudian kita biarkan layar hingga masuk ke system C seperti gambar di bawah ini.

  • Kemudian untuk masuk ke system C :windows. Dengan kita ketikan angka 1. Dalam layar ini ada angka 1 yang menunjukkan bahwa, jika kita ingin masuk ke C :windows kita harus ketik angka 1 itu pada garis underscore yang berkotak hijau di atas, lalu tekan hingga muncul seperti gambar dibawah ini.

 

Jika pada komputer tidak ada passwordnya maka langsung saja tekan enter seperti gambar di atas, akan muncul C :windows >, kemudian kita ketik disampingnya (cd(spaci)..) enter, maka kita akan masuk ke system C.

  • Setelah itu kita ketikan DIR untuk mengetahui file atau software yang hilang, yaitu jika tidak ada ntldr dan ntdetect.com apakah benar-benar hilang, pada directory of C dibawah ini yang berkotak hijau.

  • Lalu kita memasuki ke sistem D , dengan cara kita ketikan (d:) pada system C : _,  lalu enter, ini berarti kita telah memasuki system D. Setelah kita masuk ke system D, kita ketik DIR lagi di samping D:>, untuk melihat file yang berisikan software ntldr dan ntdetect.com, yaitu CD i386. Jika ada, kemudian kita ketik (CD(spaci)i386) di samping D:> lalu enter, Setelah masuk ke cd i386> ketik lagi DIR lalu enter.

 

  • Seperti gambar di bawah ini. Untuk melihat apakah software yang kita cari benar-benar ada di dalamnya pada directory of D:i386 tadi. Setelah itu kita cari ntdetect.com dan ntldr pada bagian yang berkotak hijau.

Kita gunakan SPACE untuk melihat data di bawahnya, dan ESC untuk keluar dari data ini. Di dalam dua gambar ini ada ntdetect.com dan ntldr berkotakkan hijau.

Setelah kita ketahui, kemudian tekan ESC untuk keluar dari data diatas.maka akan keluar dan diakhiri dengan D: i386.

 

  • Kemudian kita copy ntldr dan ntdetect.com yang ada pada cd i386 ke system C, dengan cara kita ketikkan (copy(space)ntldr(space)c:) lalu enter, kemudian ketikan lagi (copy(space)ntdetect.com(space)c:) lalu enter, seperti yang berkotakkan hijau pada gambar di atas. Kemudian kita keluar dari layar monitor dengan kita ketikan EXIT setelah D:i386>.

  • Kemudian kita biarkan komputer agar tampilan masuk ke windows, seperti tampilan layar pada gambar di bawah ini.

Inilah tampilan windows yang sudah di install ulang dan menandakan proses installasi ulang  yang kita lakukan telah berhasil.

“Selamat Mencoba dan Semoga Sukses”

Peserta Diklat Angkatan 5: Nurfitriani dan Kamsidik


 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *