Install WordPress Dengan Hosting Gratis

Seperti yang kita ketahui bayak situs yang menyediakan hosting gratis seperti .co.cc dll. ada sedikit perbedaan antara hosting gratis dan berbayar, perbedaannya terletak pada fiturnya. Bagi kamu yang membuat web untuk bisnis, sekolah ataupun untuk perusahaan lebih baik gunakan hosting berbayar. Kalo untuk belajar no problem!

kali ini saya akan berbagi cara menggunakan hosting gratis sekaligus install wordpress secara online. bagi yang sudah berpengalaman mungkin ini sangat mudah, semoga ini bisa membantu bagi para pemula. Ok, langsung aja. Hosting yang saya gunakan adalah idhostinger.com untuk menggunakannya cukup mudah pertama-tama kamu harus daftar menjadi member dengan cara klik www.idhostinger.com/order, kemuadian Isi semua form yang ada :

setelah semuanya sudah di isi, klik buat akun. Selanjutnya kamu akan diminta untuk validasi member melalui email kamu. Ketika kamu klik link konfirmasi akan muncul gambar seperti dibawah :

isilah form diatas, setelah semuanya diisi klik Buat, maka akan tampak gambar berikut :

klik Beralih untuk masuk cpanel, inilah bentuk tampilan cpanel hosting gratis :

Maka dengan demikian kita sudah memiliki hosting gratis dari idhostinger dengan domain www.ruslanhk.16mb.com. Untuk instalasi wordpress silahkan klik file manajer yang diberi lingkaran merah. Maka kamu akan memasuki file direktori seperti gambar di bawah :

pilih folder public_html, pastikan bahwa file berada di folder /public_html seperti gambar diatas. Kemudian pilih upload maka akan muncul gambar berikut :

pilih telusuri seperti gambar yang dilingkari warna merah pilihlah file wordpress dengan extension zip, kemudian klik icon hijau yang dilingkari warna biru. tunggu beberapa saat karena file tersebut sedang proses unpacking/extract. setelah selesai seperti berikut :

kemudian kembali/klik icon back, maka file sudah berada pada direktori public_html :

kemudian buatlah database, kembalilah ke cpanel, jika sebelumnya kita masuk ke file manajer selanjutya kita pilih database MySql seperti gambar berikut:

selajutnya, buatlah database seperti gambar di bawah yang diberi lingkaran merah, maka akan membentuk seperti pada kotak warna biru :

bukalah link domain yang kamu buat contoh www.ruslanhk.16mb.com maka wordpress akan meminta untuk configurasi. Kamu tinggal mngikuti instruksi, sampai pada gambar yang meminta isikan database name, username, pasword, dan database host. masukan data pada kotak warna biru gambar diatas, ke tabel seperti gambar berikut :

kemudian submit, selanjutnya pilih run the install

isi form berikut :

Pilih Install WordPress. maka Web wordpress kamu berhasil di install.

cukup mudah kan????

=SELAMAT MENCOBA=

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *